Oleh : Tim Sketsa 

Banyuwangi (15/12/2019). Kemah laksana merupakan salah satu agenda tahunan yang ada di SMAN 1 Glagah. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Desember 2019 ini mengambil lokasi kegiatan di sekolah. Dibuka dengan kegiatan penjelajahan pada pukul 09.00 WIB dengan garis akhir di lokasi kemah yang diikuti oleh peserta yang merupakan anggota dari OSIS, Dewan Ambalan dan Takmir Masjid Al-Hurriyah yang keseluruhannya berasal dari kelas 11. Sesampainya di sekolah, peserta kemah melanjutkan kegiatan dengan membangun tenda setelah bersih diri dan istirahat makan siang. Kegiatan ini bertujukan sebagai ajang menaikkan pangkat dalam kepramukaan dari bantara menjadi laksana, pangkat tertinggi dalam pramuka sekolah menengah atas.

Sore setelah kegiatan apel pembukaan oleh kepala SMAN 1 Glagah yang secara resmi membuka kegiatan kemah laksana, ada sosialisasi dari Komunitas Reptil Banyuwangi yang membawa beberapa jenis koleksi reptil mereka ke sekolah seperti ular, gecco, tokek dan jenis reptil lainnya. Kawan-kawan dari komunitas reptil juga menjelaskan beberapa jenis ular yang harus diwaspadai ketika berada di alam bebas. Sambil menjelaskan tentang penanganan reptil dan pengetahuan umum tentang ular, peserta diizinkan untuk memegang ular yang ditunjukkan dengan menggilirnya. Dari penjelasan yang diberikan, ada satu hal yang disampaikan bahwa ular tidak takut dengan garam sehingga penaburan garam di area tenda saat berkemah untuk mencegah ular masuk adalah hal yang sia-sia.

Tak berbeda dengan kegiatan kemah lainnya, setelah acara makan malam, salah satu kakak pembina memberikan materi tentang kepemimpinan dan dilanjutkan dengan acara api unggun bersama. Kehormatan untuk menyalakan api unggun diberikan kepada Kak Ronny Suryansah dengan menendangkan bola api ke tumpukan kayu bakar. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing organisasi. Kegiatan hari pertama berakhir ketika api unggun mlai padam dan peserta kemah dipersilahkan untuk beristirahat.

Merupakan suatu berkah bahwa perkemahan tidak diguyur hujan meskipun langit mendung. Pagi hari diawali dengan jerit malam hingga fajar pertama muncul dan senam pagi dilaksanakan saat matahari mulai meninggi. Kegiatan kemah laksana ini ditutup dengan apel sekaligus upacara pelantikan laksana. Semoga dengan adanya pramuka laksana ini kita semua dapat mengembangkan jiwa kemanusiaan dan kepemimpinan yang ada dalam diri.

0

You may also like

Festival Al-Banjari Ke-6 SMAN 1 Glagah
Fun English Camp
Refleksi Akhir Tahun