Oleh : Novi, Fara, Kamila, Afifah, Salsa

Banyuwangi, Selasa (08/10) Tim DA (Dewan Ambalan) SMA Negeri 1 Glagah yang  bergabung dengan tim DA SMA Negeri 1 Genteng mewakili Kabupaten Banyuwangi mengikuti lomba Giat Prestasi Pramuka Penegak Jawa Timur 2019  yang diselenggarakan oleh Kwarda Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan  pada tanggal 27-30 September kemarin yang bertemakan  “Pramuka Jawa Timur Menyongsong SDG’s (Sustainable Development Goals) 2030”. Kegiatan ini  awalnya akan diadakan di Pasuruan namun  Kabupaten Pasuruan sedang merayakan  hari jadi Kabupaten sehingga dialihkan  di Bumi Perkemahan Sumberboto, Kecamatan Mojokarno, Kabupaten Jombang, demikian penjelasan  Riedo Wahyu, S.Pd, guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Glagah sekaligus Pembina Pramuka.

Kegiatan yang diikuti oleh 608 peserta dari 38 kabupaten dengan 16 perwakilan dari setiap kabupaten ini, mengadakan lomba memasak, bisnis plan, robotika, membatik, videografi, jurnalistik, desain grafis, orasi I’m president (orasi visi-misi jika menjadi presiden), pentas seni, halang rintang, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), menaksir, navigasi darat, semboyan isyarat dan masak rimba yang dilakukan oleh perwakilan  setiap tim. Sedangkan lomba giat penjelajahan, bivak dan pionering dilakukan oleh kesatuan tim.

Kabupaten Banyuwangi mengikutsertakan  delapan  perwakilan putra yang diambil dari tim DA SMA Negeri 1 Genteng dan 8 perwakilan putri yang diambil dari tim DA SMA Negeri 1 Glagah, yaitu Della Rosa Selfi A sebagai wakil pimpinan sangga, dengan anggota: Maria Nurmalita W, Nabilla Aulia H, Dewi Sri Wahyuni, Sriayu Dini Lestari, Ina Mardiana Putri, Dian Nisa Damayanti dan Ella Prisca Maulidya A.

Sebelumnya, perwakilan dari kabupaten Banyuwangi berkumpul di Gedung Pramuka Banyuwangi yang berlokasi di depan GOR Tawang Alun pukul 22.30 WIB (27/9). Dengan menggunakan ELF yang ditanggung oleh Kwarcab Banyuwangi, perwakilan berangkat ke Jombang dengan harapan dapat sampai di tujuan dengan selamat” jelas Riedo Ardiamsah.

Keesokan harinya (28/9) tim sampai di Jombang sekitar pukul 06.00 WIB dan langsung membangun tenda,  cek administrasi, dan dilanjutkan  upacara pembukaan. Setelah upacara, peserta diarahkan untuk melaksanakan isoma dan mempersiapkan acara pentas seni. Di acara pentas seni tersebut, tim menampilkan sebuah tarian tradisional.

Hari kedua, dilanjutkan dengan lomba memasak, desain grafis, robotik, membatik, vidiografi dan I am President. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan isoma, setelah itu dilanjutkan dengan lomba bisnis plan, jurnalistik,robotic, membatik, vidiografi dan I am President.

Untuk agenda hari ketiga yaitu Giat Penjelajahan. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari. Dilanjutkan dengan upacara penutupan pada malam hari.

Perwakilan dari Banyuwangi sendiri memperoleh tujuh piala. Tiga piala diperoleh oleh tim sangga putra, dengan memenangkan lomba I’am President meraih juara satu , lomba memasak kreasi meraih juara satu, dan satu piala lagi sebagai juara umum.

Tim sangga putri sebagai perwakilan dari SMAN 1 Glagah menyumbangkan empat piala untuk Kabupaten Banyuwangi. Piala tersebut diperoleh dari: Juara dua lomba pentas seni; juara satu desain grafis; juara dua PPGD; dan juara dua lomba memasak kreasi.

“Dengan adanya kegiatan ini, pramuka Jawa Timur dapat meningkatkan prestasinya di bidang-bidang tertentu dan tentu dapat mengharumkan nama Kabupatennya masing-masing. Oleh karena itu, kegiatan ini seharusnya terus dikembangkan agar terus menghasilkan generasi berprestasi” ungkap Waka Kesiswaan.

 
0

You may also like

Widya Wisata Day 2
WIDYA WISATA DAY 1
OPSI 2019: GIAT MENELITI MENUJU PRESTASI