Oleh : Tim Sketsa

Banyuwangi (10/10/19)- Hari Kamis, pukul 4 pagi kami semua sudah berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kegiatan pertama yaitu makan di rumah makan. Disana kami juga melauan kegiatan sholat dan mandi pagi, jatah ishoma kami saat itu hingga pukul 08.30. Setelah ishoma kami semua melanjutkan perjalanan ke salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Kami sampai di candi borobudur tepat pukul 9 pagi. Di candi borobudur kami berfoto foto ria dengan teman teman. Lalu, kami diberi waktu sampai pukul 11.00. setelah itu kami berkunjung di salah satu rumah makan pada pukul 11.30 sampai 12.30 untuk makan siang dan bergantian pakaian untuk persiapan menuju UGM. Di UGM kami tiba pada pukul 13.00 sampai 15.00. Disana kami dibekali mengenai pengetahuan tentang UGM, dan kami juga diberi sambutan oleh ketua bem fakultas dan rektor. Di fakultas terdapat beberapa departemen, yaitu departemen budidaya pertanian yang di presentasikan oleh salah satu dosen dari departemen tersebut, lalu departemen hama dan penyakit tumbuhan, departemen mikrobiologi pertanian yang dipresentasikan juga oleh mahasiswa dari semester 4 dan 6, lalu departemen perikanan, departemen sosial ekonomi  pertanian yang di presentasikan oleh salah satu dosen, dan terdapat juga departemen tanah.

Setelah dari UGM, kami berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di Yogyakarta, yaitu Malioboro. Kami tiba pada pukul 16.00 dan diberi waktu sampai 20.00. Keadaan di Malioboro cukup padat, kaerna tidak hanya kami yang melaksanakan study tour. Pelancong dari berbagai kota juga banyak yang sedang berkunjung ke sana. Harga barang yg terdapat di Malioboro cukup terjangkau dan yang terpenting dapat ditawar dengan harga yang lebih terjangkau lagi. Setelah di Malioboro, kami menuju ke Favehotel yang berada di daerah Kusumanegara, wilayah tersebut cukup terjangkau, dan semua akses dapat melaluinya.

Keesokan harinya, kami berkunjung ke ISI Yogyakarta. Setelah sarapan dan chek out dari favehotel, kami memulai menuju perjalan ke Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dalam perjalanan menuju ISI Yogyakarta, banyak siswa-siswi SMAN 1 Glagah yang antusias. Mereka sangat penasaran akan ISI karena sedikit universitas yang lebih menjunjung ke arah seni, sehingga kami mencari pertanyaan yang pastinya berkualitas untuk ditanyakan apabila sudah sampai di ISI Yogyakarta nanti.

Setelah sampai di ISI Yogyakarta, tepatnya pukul 9 pagi, kami diajak menuju auditorium ISI Yogyakarta. Sepanjang perjalan menuju auditorium kami melewati  perpustakaan ISI yang bernama UPT ISI Yogyakarta. Di auditorium ini kami diberi pengarahan dan informasi tentang sistem perkuliahan di ISI Yogyakarta. Selain kami, ada juga SMA lain yang juga berkunjung di ISI ini yaitu SMA Global Asean Batam. Setelah diberi informasi tentang ISI, banyak murid SMA 1 glagah yang aktif bertanya tentang ISI Yogyakarta ini.

Sebelum acara selesai, kami diajak bermain game yang amat seru, yaitu game tanya jawab di handphone para murid memlalui link yang bernama kahoot. Pemenang dari game ini diberi hadiah berupa gelas bertuliskan ISI Yogyakarta. Setelah pembagian hadiah, acarapun ditutup dengan pembacaan doa. Berhubung ketika kami selesai melaksanakan kegiatan di ISI mendekati waktu dhuhur, para siswa, guru, serta tourleader melaksanakan sholat jum’at di masjid ISI yang letaknya tidak terlalu jauh dari auditorium. Selagi menunggu sholat jum’at, para siswi berganti baju bebas, tetapi ada juga yang berjalan ria di pinggir jalan serta mengabadikan moment dengan berfoto-foto.

Pukul 1 siang siswa siswi melanjutkan perjalanan dan makan siang di dekat ISI Yogyakart. di rumah makan itu, kami makan dan sholat bagi siswa perempuan. Setelah makan dilanjutkan perjalan menuju tempat oleh oleh khas Yogyakarta yaitu Bakpia Pathok 25 yang konon katanya sangat terkenal karena cara pembuatannya masih tradisional dengan masih menggunakan tungku. Banyak dari kami yang memborong oleh oleh ini terutama bakpianya. Menurut mereka, ini oleh-oleh untuk keluarganya, kakak adik kelasnya bahkan ada yang pacarnya.

Selesai berbelanja oleh oleh khas Yogyakarta ini, murid SMAN 1 Glagah menuju destinasi akhir yaitu Banyuwangi, sebelum itu kita berhenti di rumah makan Taman Sari yang berada di Solo. Disana kita makan malam dan juga melakukan ibadah sholat magrib dan isya, bahkan ada juga mandi. Setelah makan malam, kami semua menuju perjalan pulang ke destinasi akhir yaitu Banyuwangi. Disepanjang perjalan kami bernostalgia dan berkaraoke dengan menggunakan lagu-lagu yang menyesakan dada. Banyak siswa – siswi SMAN 1 Glagah yang tidak menyangka kalau besok pagi mereka sudah berada di Banyuwangi, banyak yang tidak rela pulang karna senang dengan widya wisata ini. Dan sepanjang perjalanan hampir seluruh murid SMAN 1 Glagah tertidur dengan pulas dengan hati yang bahagia.

0

You may also like

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
KEGIATAN DONOR DARAH DI SMAN 1 GLAGAH