Oleh : Tim Jurnalistik

Banyuwangi (06/11/19) – Hari Rabu, pukul 08.00, PMI mengadakan kegiatan donor darah di SMA Negeri 1 Glagah yang dilakukan 3 bulan sekali yang bertempat di laboratorium biologi. Kriteria pendonor sendiri yaitu usia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, dan tidak mempunyai riwayat penyakit berat. Hal pertama yang dilakukan pendonor adalah mengisi formulir untuk donor darah, kemudian mengecek berat badan, tekanan darah, dan golongan darah, setelah itu pendonor menunggu giliran untuk diambil darahnys. Hari itu pihak PMI menyediakan 90 kantong darah.

Manfaat donor darah bagi tubuh si pendonor yaitu untuk meningkatkan produksi darah dan memperlancar sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, darah akan semakin bersih. Donor darah juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan mencegah gesekan antarpembuluh darah. Selain di bidang kesehatan ada manfaat donor darah di bidang sosial, seperti yang disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 GLAGAH, “kegiatan ini sangat positif bagi sekolah yaitu untuk membentuk kesetiakawanan sosial dan ini juga menunjukkan kepedulian sosial agar menjadi modal untuk membantu orang yang membutuhkan darah darurat.”

Di samping manfaat donor darah, donor darah juga memiliki efek samping bagi si pendonor. Biasanya setelah mendonorkan darah, pasien akan lemas, pusing, dan bisa juga pingsan. Jika pendonor mengalami hal ini, cara menanganinya adalah dengan mengangkat kedua kaki agar peredaran darah mengalir dengan lancar. Setelah melakukan donor darah, pendonor akan diberi obat tablet penambah darah dan minuman sehat dari PMI.

 
0

You may also like

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Peringatan Hari Anak di SMAN 1 Glagah