Oleh : Tim Sketsa

Minggu(11/08/2019)- Perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H pada tahun ini serentak dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah atau Minggu(11/08/2019). Tentu saja SMAN 1 Glagah turut merayakan hari raya yang identik dengan penyembelihan ini. Pada tahun ini, SMAN 1 Glagah menyembelih hewan kurban dengan total jumlah 8 ekor, yaitu 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Diantaranya 2 ekor sapi dari sedekah guru, 2 ekor sapi dari sedekah siswa, 1 ekor kambing dari sedekah siswa, dan 3 ekor kambing dari titipan kurban siswa.

Acara diawali dengan shalat ied yang diikuti oleh seluruh warga sekolah dan dilaksanakan pada pukul 05.50 WIB yang bertempat di lapangan upacara SMAN 1 Glagah. Selaku bilal adalah murid SMAN 1 Glagah sendiri yang bernama Anas Bagaskara sedangkan imam sekaligus khatib adalah Ustadz Hanifi Al Hafidz. Dalam khotbahnya, beliau membahas tentang sejarah Idul Adha. Hikmah dari khotbah beliau yaitu, kita harus selalu melaksanakan perintah Allah SWT. dengan penuh ikhlas dan tabah. Kita juga harus menjaga tali persaudaraan dan jangan pernah bercerai-berai.

Setelah melaksanakan shalat ied, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang berlokasi di sebelah timur lapangan futsal SMAN 1 Glagah. Dengan dibantu oleh pengurus takmir Masjid Al-Hurriyah, anggota OSIS, Pulsa Ganesha, para guru, serta perwakilan setiap kelas sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar.

Hasil penyembelihan hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah, panitia, serta orang yang membantu berjalannya kegiatan tersebut. Dan dalam rangka menerapkan program zero plastic, SMAN 1 Glagah memakai daun jati untuk membungkus hasil pembagian daging hewan kurban. Kegiatan yang positif ini sangat membantu dalam pembentukan rasa kerja sama, kekeluargaan, dan tanggung jawab antar warga sekolah.

0

You may also like

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
KEGIATAN DONOR DARAH DI SMAN 1 GLAGAH