Oleh : Tim Jurnalis Sketsa

Banyuwangi (13/09/2019). Setelah melalui 3 tahapan seleksi, terpilih 40 orang calon pegurus OSIS Ganesha periode baru. Dalam rangka menuju pelantikan pengurus OSIS Ganesha periode 2019/2020, pengurus OSIS Ganesha periode 2018/2019 mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) di Griya Ekologi Kelir, Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro selama 3 hari 2 malam mulai pada tanggal 10-12 September 2019. Sebelum diadakannya kegiatan LDKS ini, diadakan Pra-LDKS pada 8-9 September 2019.

Upacara pembukaan dimulai pada pukul 07.00 WIB, diisi oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Glagah. Beliau menyampaikan beberapa pesan dalam kepemimpinan. Setelahnya, dibuka sesi tanya jawab dari calon pengurus OSIS kepada pengurus OSIS 2018/2019. Kemudian, diisi dengan sesi materi tentang ekologi oleh Pak Sujatmiko. Setelah istirahat makan siang, acara dilanjutkan dengan materi tentang mental entrepreneur oleh Romo Suryo, selaku salah satu pengurus Griya Ekologi Kelir. Sorenya, peserta LDKS bermain game bersama yang dibuat oleh panitia pelaksana. Malamnya, diadakan simulasi rapat koordinasi sebagai pembekalan bagi pengurus baru untuk menghadapi kegiatan OSIS kedepannya.

Keesokan harinya pada tanggal 11 September 2019, acara diisi dengan kegiatan penambahan wawasan kenegaraan dan PBB oleh Kodim. Sorenya, dibuka sesi debat antara dua kelompok yang sudah dibuat sebelumnya dengan pokok pembahasan “ OSIS kepada Guru “ dan “ OSIS kepada teman “. Kegiatan tersebut dibuat sebagai sarana sharing untuk memunculkan pemikiran kritis dalam menghadapi permasalahan dalam suatu kegiatan. Malamnya, peserta LDKS menampilkan pentas seni yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing kelompok pentas. Di penghujung kegiatan hari itu, peserta LDKS diberi pemahaman nasionalisme oleh ketua OSIS periode 2018/2019 dibawah remangnya bulan dan dalam hangatnya api unggun.

Kegiatan hari terakhir dimulai pada pukul 03.00 WIB. Diawali dengan renungan malam yang diisi oleh Ustadz Haris. Setelahya, diadakan jurit malam sebagai ajang melatih keberanian dan kerjasama kelompok. Paginya, setelah sarapan sebagai kegiatan terakhir sebelum upacara penutup, peserta LDKS melakukan jelajah ke daerah sekitar desa. Pada pukul 10.00 WIB, apel penutup dilakukan dan dengan resmi kegiatan LDKS ini ditutup oleh Waka Kesiswaan. Di penghujung acara, ada persembahan terakhir dari OSIS ganesha periode 2018/2019 kepada calon pengurus yang baru. Mereka menyampaikan pesan-pesan terakhir untuk pengurus baru serta tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk kedepannya.

 
0

You may also like

Widya Wisata Day 2
WIDYA WISATA DAY 1
OPSI 2019: GIAT MENELITI MENUJU PRESTASI