Oleh : Siti Rohmatin N, S.Pd.I

Senin, Juli 2019. Takmir Masjid Al-Hurriyah kembali melaksanakan kegiatan rutinitas. Ngaji adalah sebutan yang kerap di sampaikan oleh siswa SMA N 1 Glagah Banyuwangi. Ngaji juga diartika sebagai ngatur jiwo oleh beberapa siswa yang aktif dalam kegiatan takmir masjid Al-Hurriyah.

Malam ini Ngaji bersama Ustad M. Haris Setiyawan S.Ag. yang di ikuti oleh siswa kelas XI SMA N 1 Glagah Banyuwangi. Materi yang disampaikan yaitu materi dari kitab Daqoiqul Akhbar bab Kematian. Dalam penyampaian materi tersebut siswa antusias dalam menyimak. Pertanyaan juga tidak sedikit disampaikan oleh siswa. Suasana mengajinya menyenangkan. Ustad Haris selalu menyelipkan guyonan yang membuat siswa tertawa. Penyampaian dalam mengaji tak hanya berisi doktrin, namun Ustad Haris mampu menggiring siswa untuk berfikir kritis dan mendalam. Sehingga siswa mampu berkontemplasi dengan dirinya dan lingkungannya masing-masing. Menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa adalah salah satu tujuan dalam mengaji. Sehingga siswa mampu mengontrol dirinya dan mengatur dirinya bertakwa.

Sungguh kematian adalah kepastian dalam setiap yang hidup. Mengaji yang terselenggara pada malam ini akan berlanjut bergantian. Dengan siswa kelas X dan XII. Mengaji adalah salah satu penguatan pendidikan karakter yang diselenggarakan oleh SMA N 1 Glagah melalui Takmir Masjid Al-Hurriyah.


Glagah, 29 Juli 2019
St.R.N

 

0

You may also like

Pulsa Ganesha 2019-2020
Semarak Paradigma 60
Kontribusi Siswa SMAN 1 Glagah dalam Upacara Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia