Oleh : Ayu Fitri Wahyuni K., S.Pd

Salam Bumi?? Pasti Lestari!!

Adiwiyata?? BISA!!

Yel-yel tersebut terdengar meriah di kawasan UPT Pelabuhan Mayangan, Kota Probolinggo pada pembukaan Kemah Hijau Provinsi Jawa Timur hari Jumat, 26 Juli 2019. Acara yang dilaksanakan hingga tanggal 28 Juli 2019 tersebut diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.  Kegiatan ini mengusung tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dan diikuti oleh 310 peserta dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Banyuwangi.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi menunjuk 11 sekolah yang menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kemah Hijau tersebut. SMAN 1 Glagah sebagai salah satu CSAM juga turut mengirimkan perwakilannya untuk bergabung di dalam kontingen Banyuwangi dengan membawa produk hidroponik. Selama kegiatan berlangsung, hidroponik ini mendapatkan perhatian dari beberapa kontingen lain, seperti dari Kabupaten Malang, Kediri, Ngawi dan beberapa daerah lain. Hal itu dikarenakan bentuk dari pipa hidroponik yang berbentuk piramida dan menggabungkan sistem hidroponik dengan sistem pemeliharaan ikan (aquaculture). Selain memperkenalkan produk, peserta juga mendapatkan materi tentang perlindungan lapisan ozon, pemanasan global akibat perubahan iklim, dan juga energi alternatif mikrohidro. Tidak hanya materi, lomba vlog dan daur ulang kertas koran juga menyemarakkan acara Kemah Hijau 2019 ini sebagai bentuk upaya penyelamatan lingkungan dengan menciptakan bahan-bahan yang bisa digunakan kembali.

Di hari terakhir pelaksanaan Kemah Hijau, seluruh peserta melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di pantai Mayangan serta penanaman bibit pohon oleh masing-masing kontingen. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Puncak Acara hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa. Bagi SMAN 1 Glagah, selain menjadi ajang bersilaturahmi, kegiatan Kemah Hijau 2019 ini menjadi ajang bertukar informasi dan pengetahuan dengan sesama sekolah adiwiyata lain dalam hal pemanfaatan dan pengelolaan sampah serta penggunaan energi terbarukan untuk mewujudkan SMAN 1 Glagah sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

0

You may also like

Pulsa Ganesha 2019-2020
Semarak Paradigma 60
Kontribusi Siswa SMAN 1 Glagah dalam Upacara Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia