TNI AL Melatih Siswa-siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Glagah

Pada awal masuk sekolah tahun ajaran 2019-2020 selain dilaksanakan MPLS untuk kelas X, di SMA Negeri 1 Glagah juga diberikan pelatihan Pra Bela Negara ( PBN ) untuk kelas XI. Pelatihan Pra Bela Negara ( PBN ) ini diawali dengan apel di lapangan upacara dan dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Glagah, Drs. H. Mujiono,M.Pd.

Setelah upacara pembukaan dilanjutkan latihan Pra Bela Negara oleh tiga personal TNI AL. Pelatihan itu akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada hari Selasa,16 Juli 2019 sampai dengan 18 Juli 2019. Untuk tempat latihannya tidak hanya di lingkungan sekolah saja, tapi pada hari kedua juga latihan di lingkungan GOR Tawang Alun Banyuwangi.

Sedangkan pada hari ke 3 akan dilombakan keterampilan seni baris-berbaris yang telah diajarkan dan dilatih oleh para TNI Angkatan Laut. Diharapkan setelah pelatihan selama tiga hari itu bisa tertanam sikap, keterampilan, disiplin, dan tanggungjawab didalam diri para siswa-siswi SMA Negeri 1 Glagah.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Glagah, Drs. H. Mujiono,M.Pd.,bahwa pelatihan Pra Bela Negara (PBN ) memiliki nilai yang sangat penting bagi generasi muda, karena latihan Pra Bela Negara ini akan dapat menumbuh-kembangkan :

  1. Rasa patriotisme atau rasa cinta tanah air yang tinggi. Dengan pelatihan ini diharapkan siswa-siswi kelas XI semakin bisa mencintai tanah air, negara Indonesia.
  2. Penguatan pendidikan karakter. Melalui kegiatan Pra Bela Negara akan dapatmembentuk karakter, sikap sosial para siswa-siswi yang semakin baik.
  3. Disiplin yang tinggi. Dengan latihan Pra Bela Negara ini, yang dilatih oleh personal TNI AL, latihan baris berbaris bisa meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi SMA Negeri 1 Glagah.
  4. Dengan pelatihan Pra Bela Negara ini ,para siswa-siswi dapat meningkatkan kesamaptaan atau kesiapsiagaan pada saat kapanpun dan dimanapun, baik negara dalam keadaan aman maupun dalam keadaan genting. ( Oleh : Joko P.Susanto ).  

 

0

You may also like

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
KEGIATAN DONOR DARAH DI SMAN 1 GLAGAH