Oleh : Elvry Mayluxsi, M. Pd (Kepala Perpustakaan)

Banyuwangi (30/9) Perwakilan SMAN 1 Glagah, Elvry Mayluxsi H (guru/bid. literasi), Siyami (Pengelola Perpustakaan), dan Rizka Bunga (X IPA 2) menghadiri kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten Banyuwangi dengan tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Acara yang berlangsung pukul 7.30 s. d 12.00 WIB di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, khususnya SDM Banyuwangi melalui budaya membaca. Sebab membaca sebagai sarana mandiri untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan nantinya bisa mendongkrak kualitas diri individu tersebut. Kegiatan yang di motori oleh Perpustakaan Nasional RI ini didukung oleh Pemkab Banyuwangi, Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, dan Perpustakaan Daerah Banyuwangi. Pada awal acara, Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili oleh Bapak Nurhadi menyampaikan tentang inovasi Perpustakaan Nasional yang bisa dinikmati oleh pemustaka dari berbagai daerah di Indonesia berupa aplikasi Ipusnas. Aplikasi yg bisa diakses dengan android ini menyediakan ratusan buku digital yang bisa dipinjam pula secara digital. Setelah perwakilan Kepala Perpustakaan RI menyampaikan tentang perlunya gerakan literasi bukan hanya ditujukan untuk pemustaka umum tetapi juga pemustaka/pembaca defable.

Tentu program ini selaras dengan SMAN 1 Glagah yang juga memiliki program inklusif. Selanjutnya Bupati Banyuwangi menyampaikan harapannya agar Banyuwangi menjadi pilot project pengembangan aviation untuk Gemar Membaca. Sebab Banyuwangi menjadi pilot project aviation untuk pengembangan pariwisata, pilot project geopark, bahkan hasil penelitian Bank Indonesia terhadap perkembangan ekonomi masyarakat Banyuwangi menunjukkan hasil perubahan signifikan ke arah angka positif. Inti acara adalah curah pendapat dari beberapa narasumber: Dra. Mei Indah dari Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, Nurhadi dari Perpustakaan Nasional RI, Syaiful dari Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten, dan Unggul dari Rumah Literasi.

Perpustakaan SMAN 1 Glagah sebagai praktisi literasi sekolah yang menghadiri yang menghadiri kegiatan ini akan turut mendorong kegiatan Literasi dengan menggalakkan pojok-pojok baca, mensosialisasikan pemasangan aplikasi ipusnas, dan mendorong peningkatan penerbitan karya inovatif sebagai bagian dari pengkayaan koleksi Perpustakaan SMAN 1 Glagah Banyuwangi. (Penulis: Elvry Mayluxsi Haviva)

   
0

You may also like

Widya Wisata Day 2
WIDYA WISATA DAY 1
OPSI 2019: GIAT MENELITI MENUJU PRESTASI