Oleh : Tim Sketsa 

Banyuwangi(17/11/2019) – OSIS SMAN 1 Glagah kembali mengadakan salah satu kegiatan rutin tahunan yaitu Story Telling Contest (STC). Story Telling Contest yang pada tahun ini diikuti oleh 209 peserta, lokasinya dipusatkan pada lapangan basket SMAN 1 Glagah. Di depan gerbang SMAN 1 Glagah, para peserta Story Telling Contest disambut oleh dua pasang Putra-Putri SMAN 1 Glagah yang juga menjadi penunjuk arah tempat registrasi ulang. Registrasi ulang dimulai sejak pukul 06.00 hingga pukul 07.45.

Setelah registrasi, peserta diarahkan menuju lapangan basket untuk melaksanakan pembukaan kegiatan Story Telling Contest. Pembukaan diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya oleh seluruh komponen kegiatan, acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua panitia, Farah Rizka, Kepala SMAN 1 Glagah, Bapak Drs. H. Mujiono, M.Pd, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, Bapak Drs. Istu Handoyono, M.Pd. Setelah itu pembawa acara membacakan peraturan yang berlaku, serta sembilan juri yang bertugas. Sembilan juri tersebut diambil dari beberapa guru mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMA di Banyuwangi, termasuk Bapak Moh. Idris, Bapak Sucahyo Pinardi, dan Ibu Mistrijanti yang merupakan guru di SMAN 1 Glagah.

Selepas pembukaan, para peserta Story Telling Contest disilahkan untuk menuju pool masing-masing sesuai pembagian yang berlaku untuk melaksanakan lomba, setiap pool diisi oleh kurang lebih 60 peserta. Untuk pelaksanaan pada tahun ini ada tiga pool yang digunakan, pool A berada di lapangan basket, pool B berada di kelas X IPA 1, sedangkan pool C berada di kelas XI IPA 4. Pada masing-masing pool terdapat tiga orang juri yang akan menilai berdasarkan pronounciation, ability to express, dan fluency. Pukul 11.15 kegiatan babak penyisihan dihentikan sejenak dan para peserta diperbolehkan untuk melakukan ishoma. Untuk meghilangkan penat, mereka dapat membeli makanan dan minuman yang dijual pada stand-stand yang tersedia di depan lapangan basket. Kegiatan ishoma ini juga diisi dengan penampilan tari modern dari ekstrakulikuler dance ‘Ganesha Crew’ serta hiburan musik akustik dari beberapa anggota OSIS SMAN 1 Glagah. Kegiatan babak penyisihan kembali dilanjutkan mulai pukul 12.30 hingga 14.00.

Setelah babak penyisihan selesai, para peserta kembali diperbolehkan untuk melakukan ishoma sembari menunggu pengumuman peserta yang akan lolos menjadi finalis. Dari keseluruhan peserta, diambil 7 peserta dari masing-masing pool untuk mengikuti babak final. Namun, sebelum menjalani babak final, para peserta mengikuti karantina babak final. Dalam karantina tersebut peserta diberi teks baru yang akan ditampilkan pada babak final, waktu mereka untuk menghafal dan mengembangkan teks tersebut kurang lebih 50 menit. Pada saat karantina hingga tampil di babak final, peserta tidak diperbolehkan bertemu dengan pembina ataupun orang tua mereka.

Babak final berlangsung hingga pukul 18.15, namun sempat terhenti sejenak untuk melaksanakan kegiatan sholat maghrib. Dari 21 finalis, diambil 5 besar yang akan menduduki juara 1, 2, 3 serta harapan 1 dan 2. Juara pertama berhasil diraih oleh Ghaitsaa Farah Fidhdhah dari SMPN 1 Banyuwangi yang kembali membawa pulang piala bergilir yang sempat tidak didapat pada tahun lalu. Penyerahan piala dilakukan oleh ketua pelaksana, ketua OSIS SMAN 1 Glagah, serta ketiga guru Bahasa Inggris SMAN 1 Glagah yang menjadi juri pada babak final.

 
0

You may also like

SMAN 1 GLAGAH BERHASIL MEMBOYONG JUARA DALAM AJANG SMA AWARDS
Peringatan Hari Guru Nasional Ke-74
SMAN 1 Glagah Meraih 5 Besar dalam 5 Kategori SMA Award