INFO PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2017-2018

PETUNJUK TEKNIS

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

SMA NEGERI 1 GLAGAH

TAHUN 2017-2018

 

  1. KETENTUAN UMUM PENDAFTARAN
  2. Calon peserta didik baru harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan.
  3. Calon peserta didik baru hanya diijinkan mendaftar sekali dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali, untuk setiap jalur pendaftarannya.
  4. Calon peserta didik baru hanya dapat memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan saja yaitu SMA atau SMK.
  5. Calon peserta didik baru yang diterima di sekolah tujuan, wajib mentaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, termasuk ketentuan peraturan sekolah yang berlaku dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan oleh sekolah.
  6. Calon peserta didik baru yang telah diterima (lulus seleksi) wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai dengn jadwal yang ditentukan.
  7. Apabila calon peserta didik baru yang diterima tidak mendaftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukaan, calon peserta didik dinyatakan mengundurkan diri.
  8. Bagi yang sudah diterima di salah satu jalur tidak dapat mendaftar di jalur lain.
  9. Kartu Keluarta (KK) yang digunakan untuk syarat kelengkapan pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 Januari 2016.

 

  1. JALUR PENDAFTARAN
  2. OFF LINE
  3. JALUR PRESTASI

DIPERUNTUKKAN BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMPUNYAI PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK.

 

SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.
  3. Menyerahkan piagam/ sertifikat asli dilengkapi dokumentasi/ foto sesuai dengan prestasi yang dimiliki di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat Kabupaten/ Kota. (piagam/ sertifikat dikeluarkan oleh lembaga yang diakui pemerintah RI)
  4. Menyerahkan Surat Keterangan berprestasi dari sekolah.
  5. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) minimal yang diterbitkan tanggal 1 Januari 2016.

 

  1. JALUR MITRA WARGA

DIPERUNTUKKAN BAGI PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI KALANGAN KELUARGA MISKIN/ PRASEJAHTERA

 

SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa.
  4. Menyerahkan foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin.
  5. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) minimal yang diterbitkan tanggal 1 Januari 2016.

 

  1. JALUR BIDIK MISI PENDIDIKAN MENENGAH

DIPERUNTUKKAN BAGI PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI KALANGAN KELUARGA MISKIN DAN MEMPUNYAI PRESTASI YANG DIBUKTIKAN DARI NILAI UN (UJIAN NASIONAL)

 

SYARAT PENDAFTARAAN :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa.
  4. Menyerahkan foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin.
  5. Menyerahkan Surat Keterangan berprestasi dari sekolah.
  6. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) minimal yang diterbitkan tanggal 1 Januari 2016.

 

  1. JALUR INKLUSIF

DIPERUNTUKKAN BAGI PESERTA DIDIK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS

 

SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya.
  3. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) minimal yang diterbitkan tanggal 1 Januari 2016.
  4. Menyerahkan hasil pemeriksaan dari professional yang relevan :
  5. Bagi Tunanetra dan kurang awas dari Dokter Mata
  6. Bagi Tunarungu dan Kurang pendengaran dari Dokter THT
  7. Bagi Tunagrahita dan hambatan perkembangan lain seperti ASD,ADHD, Learning Disability, Lambat Belajar, Hambatan Bahasa, hambatan social dan emosi dan sejenisnya dari Psikolog atau Psikiater.

 

 

 

 

  1. JALUR ON LINE/ UMUM/ REGULER

CALON PESERTA DIDIK BARU REGULER ADALAH CALON PESERTA DIDIK YANG AKAN MELAKUKAN PENDAFTARAN SECARA MANDIRI DAN MELALUI JARINGAN ONLINE  ATAU PORTAL : ppdb.dindik.jatimprov.go.id atau ppdbjatim.net KE SEKOLAH SMAN/ SMKN YANG DITUJU

 

SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya untuk mendapatkan PIN/ Password/ Token
  3. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) minimal yang diterbitkan tanggal 1 Januari 2016.

 

  • PAGU CALON PESERTA DIDIK BARU
  1. Pagu calon peserta didik baru Kartu Keluarga (KK) dari luar propinsi Jawa Timur paling banyak 1 % sesuai perangkingan
  2. Pagu calon peserta didik baru lintas Kabupaten/Kota se Jawa Timur paling banyak 10% terdiri dari :
  3. Pagu untuk jalur prestasi paling banyak 5%
  4. Pagu untuk jalur mitra warga paling banyak 5%
  5. Pagu untuk jalur bidik misi paling banyak 3%
  6. Pagu untuk jalur inklusif paling banyak 5 dalam 1 rombel
  7. Pagu peserta didik maksimal 36 dalam 1 rombel

 

  1. PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN
  2. Calon peserta didik mendapatkan PIN/ Token yang diperoleh dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan SMA negeri terdekat sesuai jadwal yang ditentukan
  3. Calon peserta didik melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat : ppdbjatim.net
  4. Calon peserta didik memilih 2 (dua) sekolah tujuan dengan 3 alternatif :
  5. Pilihan pertama pada sekolaah di dalam zona (sekolah terdekat dengan domisili/KK dan pilihan kedua sekolah di dalam zona.
  6. Pilihan pertama pada sekolaah di dalam zona (sekolah terdekat dengan domisili/KK dan pilihan kedua sekolah di luar zona.
  7. Pilihan pertama pada sekolah di luar zona dan pilihan kedua pada sekolah di dalam zona.(sekolah terdekat dengan domisili/KK).
  8. Calon peserta didik hanya diijinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya.

 

 

 

  1. DASAR DAN CARA SELEKSI JALUR ONLINE/REGULER/UMUM

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan berdasarkan pada :

  1. Untuk SMA/ SMK berdasarkan jumlah total Nilai Ujian Nasional (NUN)
  2. Apabila jumlah total nilai UN sama, maka dilakukan urutan sebagai berikut :
  3. Matematika
  4. IPA
  5. Bahasa Inggris
  6. Bahasa Indonesia
  7. Waktu pendaftaran (berdasarkan urutan waktu mendaftar)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. JADWAL PELAKSANAAN

JADWAL KEGIATAN PPDB OFFLINE DAN ONLINE

SMA NEGERI 1 GLAGAH 2017

 

NO. Jenis Kegiatan Tanggal Pukul Tempat & Keterangan
JALUR PRESTASI 5%, MITRA WARGA 5%, BIDIK MISI 3%, INKLUSIF (OFFLINE)
1. Pendaftaran 12-14 Juni 2017 08.00 – 14.00 SMAN 1 Glagah
2. Verifikasi dan validasi data 14-16 Juni 2017 08.00 – 14.00 SMAN 1 Glagah
3. Pengumuman 17 Juni 2017 08.00 WIB SMAN 1 Glagah
4. Daftar Ulang 17 dan 19 Juni 2017 08.00 – 14.00 SMAN 1 Glagah
5. Penjurusan 13 Juli 2017 06.30- selesai SMAN 1 Glagah
JALUR UMUM  ON-LINE 
1. Pendaftaran Luar Kab di Diknas 03 – 06 Juli 2017 Jam Kerja
2. Pendaftaran 03 – 06 Juli 2017 Jam Kerja/ 24 jam SMAN 1 Glagah
3. Proses verifikasi berkas (sekaligus memperoleh token/PIN) 03 – 06 Juli 2017 07.30 – 14.00 SMAN 1 Glagah
3. Penutupan Pendaftaran 06 Juli 2017 24.00 WIB Online
4. Pengumuman 07 Juli 2017 00.30 WIB Online
5. Daftar Ulang 07 – 08 Juli 2017 08.00 – 15.00 SMAN 1 Glagah
6. Penjurusan 13 Juli 2017 06.30-selesai SMAN 1 Glagah
AWAL MASUK SEKOLAH
1. PRA MOPDB 15 Juli 2017 06.30 – 13.00 SMAN 1 Glagah
2. MOPDB 17 -19 Juli 2017 06.30 – 13.00 SMAN 1 Glagah

About the author: Noval Harwin

Leave a Reply

Your email address will not be published.