Banyuwangi (2/02/2019)- Kemah Penempuhan Laksana SMAN 1 Glagah merupakan kemah yang diselenggarakan oleh Gugus Depan SMAN 1 Glagah untuk menempuh tingkatan tertinggi dalam kepramukaan SMA, yaitu laksana. Kegiatan ini dilaksanakan 2-3 Februari 2019 di Pantai Cacalan, kelurahan Klatak, Kalipuro, Banyuwangi. Pertimbangan pemilihan lokasi pantai Cacalan sebagai tempat Kemah Penempuhan Laksana SMAN 1 Glagah ini dikarenakan letak pantai tidak jauh dari SMAN 1 Glagah, sekitar 6,6 km. Selain itu, kondisi jalan yang baik dan beraspal menjadi salah satu pertimbangan pemilihan lokasi. Kegiatan yang bertema “Menjadikan Laksana SMAN 1 Glagah Lebih Baik” ini diikuti sebanyak 41 siswa SMAN 1 Glagah, terdiri dari 20 Dewan Ambalan, 18 OSIS, dan 3 takmir masjid Al- Huriyah.

Agenda Kemah Penempuhan Laksana ini dimulai dengan kegiatan penjelajahan oleh peserta. Rute penjelajahan dimulai dari lapangan SMAN 1 Glagah dan berakhir di pantai Cacalan. Pada rute penjelajahan ini ada empat pos peristirahatan, yakni (1) MTsN 1 Banyuwangi, (2) palang pintu stasiun Argopuro, (3) SIP Hall, dan (4) depan Mascot. Setelah kegiatan penjelajahan, waka Humas, bapak Sucahyo Pinardi, M.Pd., membuka kegiatan Kemah Penempuhan Laksana SMAN 1 Glagah 2019.

Agenda selanjutnya, pemberian materi kepemimpinan oleh bapak Riedo Wahyu A, S.Pd., disertai permainan kerjasama. Pemberian materi ini bertujuan untuk menumbuhkan dan melatih jiwa kepemimpinan yang ada dalam diri peserta. Kegiatan puncak Sabtu malam tersebut ditandai dengan beberapa peserta menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama.

Pukul 02.00 WIB, peserta mengikuti jelajah malam di lingkungan sekitar Pantai Cacalan.  Regu jelajah malam dipilih secara acak agar tumbuh rasa persaudaraan yang kuat antarpeserta. Pertanyaan seputar kepramukaan pun diberikan untuk menguji pengetahuan peserta.

Minggu pagi, 3 Februari 2019, kegiatan dilanjutkan dengan senam pagi dan membersihkan lingkungan di sekitar pantai Cacalan. Kegiatan kemah Penempuhan Laksana SMAN 1 Glagah ditutup dengan upacara pengukuhan Bintara menjadi Laksana dipimpin oleh Pembina Dewan Ambalan, yakni bapak Ronni Suryansyah, S.Hum, S.Pd.

Kegiatan Kemah Penempuhan Laksana SMAN 1 Glagah yang diselenggarakan oleh Gugus Depan SMAN 1 Glagah ini diharapkan dapat melatih, menumbuhkan karakter kepemimpinan sesuai dengan kepribadian bangsa dan dapat menjalin persaudaraan antarLaksana SMAN 1 Glagah. Selamat bagi Laksana-Laksana baru SMAN 1 Glagah. Semoga menjadi Laksana yang berkarakter bangsa dan tidak terkikis oleh perkembangan zaman. (NISRINA)

0

You may also like

DOWNLOAD RIBUAN EBOOK SETIAP HARINYA
ISTHIGOSAH KUBRO SMAN 1 GLAGAH
TIGA JUARA DIREBUT DI BULAN MARET