Oleh : Tim Jurnalis Sketsa

Sabtu(10/08/2019)- Setiap tahun SMAN 1 Glagah, Banyuwangi, menyeleksi siswa-siswinya untuk menjadi Putra-Putri Pelajar SMAN 1 Glagah atau yang sering disebut dengan “Pulsa Ganesha”. Pulsa Ganesha adalah salah satu ikon yang ada di SMAN 1 Glagah. Menjadi Pulsa Ganesha tidak hanya mengandalkan kemampuan berlenggak-lenggok, seperti yang ada dalam bayangan orang awam, namun juga membutuhkan kemampuan public speaking dan berwawasan yang baik. Biasanya Pulsa Ganesha digunakan untuk mewakili sekolah menghadiri acara-acara tertentu, contohnya penobatan putra-putri sekolah lain di Banyuwangi.

Pada tahun ajaran 2019/2020 SMAN 1 Glagah kembali mengadakan seleksi Pulsa Ganesha untuk kelas 10 dan 11. Setiap kelas diminta mengajukan 2 pasang putra-putri untuk mengikuti seleksi Pulsa Ganesha. Penyeleksian ini dilaksanakan di aula SMAN 1 Glagah dan berlangsung dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah pengukuran berat dan tinggi badan, tahap kedua adalah tes wawanara dan wiraga, dan tahap terakhir adalah tes bakat minat.

Penyeleksian ini dilakukan oleh beberapa juri. Diantaranya yaitu Bu Endang selaku guru BK, Pulsa Ganesha 2018-2019, Indra Nur Cahaya selaku ketua umum OSIS, serta Rikaz Maulana Triantoro selaku ketua 1 OSIS. Setelah penyeleksian selama 3 tahap tersebut, diambil 6 pasang finalis.

6 pasang finalis Pulsa Ganesha yaitu Areza Putri A. dan M. Gifari Raihan sebagai pasangan nomor urut 1, Ratna Nabila P. dan Dimas Hani K. sebagai pasangan nomor urut 2, Devi Arika L. J. dan M. Reyhan Alfatan K. sebagai pasangan nomor urut 3, Mailisa Septi L. dan Prabaskara Tirtasyahda R. sebagai pasangan nomor urut 4, Aisyah Putri D. dan Gilang Wahyu R. sebagai pasangan nomor urut 5, serta Anindia Ayu K. dan Rifqi Fakhrizal A. sebagai pasangan nomor urut 6.

Setelah pengambilan 6 pasang finalis tersebut, hari Sabtu(10/08/2019) dilakukan penyampaian visi dan misi dari masing-masing pasangan finalis Pulsa Ganesha. Mereka menyampaikan visi dan misi untuk menarik dukungan dari para siswa SMAN 1 Glagah. Setelah penyampaian visi dan misi, para siswa kembali ke kelas masing-masing sedangkan para finalis Pulsa Ganesha kembali ke aula untuk pengarahan. (Tim Sketsa)

 

0

You may also like

Pulsa Ganesha 2019-2020
Semarak Paradigma 60
Kontribusi Siswa SMAN 1 Glagah dalam Upacara Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia