Oleh : Tim Sketsa

Banyuwangi (07/11) SMAN 1 Glagah ikut serta dalam memperingati Hari Anak Internasional. Peringatan ini serempak diadakan di seluruh negara. Pada hari ini juga para siswa melakukan pembelajaran di luar kelas. Acara pertama dibuka dengan apel pagi yang dibina oleh Bapak Drs. H. Mujiono, Mpd. Beliau berharap bahwa pada hari ini dan seterusnya, terjalin pendekatan emosional antara guru dengan siswa. Apel dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB. Pada akhir apel pagi, bendera Merah Putih dikibarkan oleh petugas apel, dan seluruh warga sekolah menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, yang dipimpin oleh Pravita Alsyidea, XI IPA 6, sembari hormat menghadap bendera.

Setelah apel pagi, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Seluruh siswa membawa bekal nasi dari rumah masing-masing. Sebelum makan bersama, diadakan doa sebelum makan yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Haris Setyawan. Kegiatan makan bersama ditutup dengan pembacaan doa sesudah makan yang kembali dipimpin oleh Ustadz Haris. 10 menit setelah kegiatan makan bersama, diadakan kegiatan senam pagi yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Glagah. Kegiatan senam pagi ini dilakukan di lapangan upacara SMAN 1 Glagah. Setelah senam pagi, diadakan kegiatan selanjutnya, yaitu kerja bakti. Seluruh siswa membersihkan bagian dalam kelas dan sekitar kelas masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para siswa agar peduli dengan lingkungan disekitarnya.

  Seusai kerja bakti, kegiatan selanjutnya adalah bermain permainan tradisional. Permainan tradisional ini bertempat di sebagian wilayah SMAN 1 Glagah, dimulai dari gerbang sekolah sampai lapangan upacara SMAN 1 Glagah. Permainan yang mereka lakukan ada bermacam macam, mulai dari gobak sodor, lompat tali, petak umpet, kasti, bentengan, futsal, bekel, dan yang lain sebagainya. Seluruh siswa sangat antusias dalam memeriahkan kegiatan yang membuat mereka teringat dengan masa kecil ketika bermain permainan tradisional. Permainan ini berakhir pada pukul 10.15.   Kegiatan peringatan Hari Anak ditutup dengan apel yang diadakan di lapangan basket SMAN 1 Glagah. Sebelum apel dimulai, para siswa mendapat sedikit materi mengenai mitigasi bencana. Materi penyelematan diri yang mereka dapat adalag tentang bencana alam gempa bumi. Setelah penyampaian materi mitigasi bencana, apel penutupan dimulai. Acara dimulai dengan laporan dari pemimpin apel, lalu pembacaan surat keterangan mengenai Sekolah Ramah Anak oleh Bu Ayu Fitri selaku protokol apel. Apel dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Sekolah Ramah Anak oleh kepala sekolah, Bapak Drs. H. Mujiono, M.Pd, selaku pemimpin apel. Apel ditutup dengan kegiatan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar oleh seluruh siswa dan dipimpin oleh Pravita Alsyidea, dari XI IPA 6. Apel berakhir pada pukul 10.45 dan semua siswa kembali ke kelas masing-masing. Setelah apel berakhir, para siswa dipersilakan untuk beristirahat hingga pukul 12.00. Selepas kegiatan istirahat dan sholat dhuhur berjamaah, para siswa kembali mengikuti kegiatan KBM seperti biasa. Para siswa baru diperbolehkan pulang pada pukul 13.40 sama seperti hari sekolah pada umumnya.  
0

You may also like

SMAN 1 GLAGAH BERHASIL MEMBOYONG JUARA DALAM AJANG SMA AWARDS
Peringatan Hari Guru Nasional Ke-74
SMAN 1 Glagah Meraih 5 Besar dalam 5 Kategori SMA Award