Oleh : Tim Sketsa

Banyuwangi ( 8/11/2019 ) – Kelahiran Nabi Muhammad SAW. diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal kalender Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 9 November 2019. Hari yang dikenal dengan istilah Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

 SMAN 1 Glagah juga turut menyambut Hari Kelahiran Rasulullah kita. Acara Maulid Nabi ini diselenggarakan pada tanggal 8 November 2019 di SMAN 1 Glagah, tepatnya di lapangan basket. Acara ini dihadiri seluruh siswa dan siswi beragama islam, guru-guru, kepala sekolah dan komite SMAN 1 Glagah. Dimulai dari pukul 06.00 WIB, acara diawali dengan shalawat nabi serta tilawatil Qur’an yang ditujukan untuk Nabi Muhammad SAW. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan yalilwaton oleh seluruh komponen. Yang selanjutnya adalah sambutan ketua panitia peringatan maulid nabi.

Dilanjutkan dengan sambutan kepala SMAN 1 Glagah, “Nabi Muhammad SAW masuk ke dalam Buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah miliki Michael Hart. Rasulullah kita berada dalam rangking pertama, alasannya karena Rasulullah telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang terang. Selain itu Nabi atau Rasul yang lain hanya menjadi pemimpin agama, beda dengan Rasulullah yang tidak hanya memimpin agama tapi juga dunia politik,”

Setelah itu dilanjut dengan santunan anak yatim, yang dipimpin oleh Drs. H. Mujiono M.Pd. Kemudian diisi dengan kegiatan ceramah oleh K.H Abdul As’ad. Setelah kegiatan ceramah, siswasiswi dibagikan konsumsi sambil menikmati acara hiburan yaitu pemilihan Putra Muslim dan Putri Muslimah 2019. Kegiatan pemilihan ini telah melalui sistem seleksi sebelumnya dan mendapatkan 5 finalis putra dan 5 finalis putri.

10 finalis diberi 3 sesi pertanyaan yaitu sesi sambung ayat, wawasan islam dan kepribadian. Setelah sesi tanya jawab sambil menunggu hasil keputusan dari Juri, penonton dihibur oleh penampilan nasyid dari Gawangi Voice yang kemarin telah memenangkan juara 1 dalam kegiatan Banyuwangi Festival. Setelah penampilan tersebut, diumumkan hasil keputusan Juri dengan Achmad Sutan Z dari XI IPA 1 dan Desnita F dari XI IPS 3 sebagai Putra Muslim dan Putri Muslimah 2019. Pengumuman tersebut sekaligus menjadi penutup dari rangkaian kegiatan peringatan maulid nabi.

Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi dapat dijadikan momentum untuk mengingat kembali kisah perjuangan Rasulullah. Dari kisah-kisah itu, setiap orang diharapkan dapat meneladani kepribadian Nabi.

 

0

You may also like

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
KEGIATAN DONOR DARAH DI SMAN 1 GLAGAH
Peringatan Hari Anak di SMAN 1 Glagah