Perpisahan Dengan Tiga Mahasiswa PPL Asal University Sains Malaysia

Perpisahan Dengan Tiga Mahasiswa PPL Asal University Sains Malaysia

 

Banyuwangi (11/5), SMANSA mengadakan perpisahan dengan tiga Mahasiswa PPL asal USM (University Sains Malaysia) setelah kurang lebih 2 bulan di Banyuwangi. Miss Annis, Miss Farhana, dan Miss Hellen akan kembali ke Malaysia, Penang pada Sabtu, (12/5). Mereka akan kembali ke USM untuk melaporkan kegiatan Praktik Mengajarnya. Setelah itu, pada Oktober 2018 nanti akan mengikuti wisuda. PPL dilaksanakan pasca ujian skripsi.

Farhana dan Annis mengaku mendapatkan banyak pengalaman mengajar selama di SMAN 1 Glagah. Keduanya yang mengajar Bahasa Inggris KD /materi Analytical Exposition dan Biography ini mendapat bimbingan Drs. Moh. Idris, M.Pd dan Mistrijanti. Sementara Hellen yang mengajar Sejarah dengan sub topik bahasan Sejarah Indonesia mendapat pendampingan dari G.A. Ketut Sukiati,S.Pd, Silviany Ayu, S.Pd, dan Ronny Suryansyah, S.Pd.

Tidak henti-hentinya mereka memuji Sunrise of Java ini, terutama kehangatan guru-guru dan siswanya. Terlebih harga kebutuhan barang dan pangan di Banyuwangi terbilang murah. “Hanya dengan 2 ringgit (Rp 7.000-red) kami sudah bisa makan nasi ayam geprek. Makanan sekelas restoran kalau di Penang” kata Hellen. “Kalau di sana (Malaysia-red), 2 ringgit hanya dapat nasi putih satu piring atau mie instan. Harga blus pun sangat murah, yang saya pakai ini hanya 14 ringgit (Rp 50.000). Blus seperti ini kalau di sana bisa sampai 43 ringgit (150.000)”.

Sepulang dari Indonesia, Farhana (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) akan mengajar di sekolah menengah selama kurang lebih empat tahun dengan gaji sekitar 4300 ringgit/semester. Sebab pada awal perkuliahan dia sudah menandatangani kontrak beasiswa Kementrian Pengajaran. Sementara Annis dan Hellen akan melamar pada lembaga-lembaga pendidikan swasta. Pada umumnya para fresh graduate tidak tertarik menjadi pegawai kerajaan (PNS-red) sebab gaji pada lembaga swasta lebih tinggi. Biasanya yang tertarik menjadi pegawai kerajaan adalah yang usia matang karena bisa memperoleh pensiun.

       
0

You may also like