Oleh : Peserta Study Literasi 2019

Banyuwangi, (07/10) SMAN 1 Glagah menyelengarakan program tahunan Widya Wisata. Kegiatan yang di ikuti oleh siswa kelas XI ini dilaksankan selama tujuh hari Kegiatan ini dilaksanakan sejak Sabtu (5/10) hingga Sabtu (12/10). Widya Wisata merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses langsung di lapangan dengan  diselingi oleh kunjungan ke beberapa tempat wisata.

Sebelum diberangkatkan, peseta Widya Wisata tahun 2019 berkumpul di lapangan basket SMAN 1 Glagah sekitar pukul 22.00 WIB. Kepala SMAN 1 Glagah, Drs. H. Mujiono, M.Pd memberikan pengarahan dan menutup acara pemberangkatan. Tepat pukul 00.00 atau dini hari seluruh siswa dan pendamping memasuki bus masing-masing untuk diberangkatkan.

Widya Wisata kali ini diikuti oleh 95% siswa kelas XI atau sekitar 299 siswa beserta 12 guru dan 2 Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Widya Wisata kali ini mengunakan 7 bus Pesona Raia Tour & Travel. Sisanya ada 16 siswa yang tidak mengikuti kegiatan ini. Sementara enam belas siswa yang tidak mengikuti widya wisata tersebut, dikarenakan sedang menyelesaikan kegiatan lain, seperti study literasi, ijin mengikuti orang tua, dan sakit. Kegiatan study literasi ini berlangsung di perpustakaan SMAN 1 GLAGAH. Peserta study literasi menyelesaikan sejumlah taguhan, seperti membuat berita sekolah, katalogisasi bahan pustaka, dan tugas terstruktur lainnya.

Widya Wisata tahun ini mengunjungi beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta. Kunjungan study ke beberapa universitas juga dilakukan dalam upaya peningkatan wawasan para siswa. Universitas yang dijadikan sebagai objek kunjungan dari kegiatan ini yaitu IPB (Institut Pertanian Bogor), ITB (Institut Teknologi Bandung), PKN STAN ( Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), UGM ( Universitas Gadjah Mada), IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), ISI ( Institut Seni Indonesia).

Selain melakukan kunjungan study ke beberapa universitas, rombongan Widya Wisata SMAN 1 Glagah juga mengunjungi berbagai situs bersejarah yaitu museum Lubang Buaya, Monas, Candi Borobudur, Malioboro. Rombongan juga melakukan kunjungan religi ke masjid kubah mas yang dibangun oleh Dian Al Mahri salah seorang pengusaha asal Banten di Depok Jawa Barat.

Adapun jadwal kegiatan Widya Wisata sebagai berikut, hari pertama peserta melakukan perjalanan menuju ke Jakarta. Hari kedua  peserta menginap di Jakarta, melakukan kunjungan ke Masjid Kubah Mas, IPB, Museum Lubang Buaya. Hari ketiga rombongan widya wisata mengunjungi PKN STAN kemudian peserta menuju ke V Hotel Bandung. Hari keempat rombongan menuju ke ITB, IPDN. Hari kelima dan keenam rombongan menuju ke Yogyakarta dan menginap di Fave Hotel Yogyakarta dan mengunjungi UGM, ISI, Candi Borobudur, Malioboro.

Hari ketujuh para peserta Widya Wisata kembali ke SMAN 1 Glagah. Sampai di area sekolah pukul 04.00 WIB. Setelah ada beberapa sambutan kemudian peserta diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

 
0

You may also like

SMAN 1 GLAGAH BERHASIL MEMBOYONG JUARA DALAM AJANG SMA AWARDS
Peringatan Hari Guru Nasional Ke-74
SMAN 1 Glagah Meraih 5 Besar dalam 5 Kategori SMA Award